Hindari Kolaps Klub, Liga 1 Indonesia Akan Terapkan Salary Cap

0
61
Liga 1 Indonesia 2017

Hariansport.com – Jakarta. Liga 1 2017 bakal menjadi kompetisi tertinggi di Indonesia pada musim 2017. Sebanyak 18 klub sudah bersiap untuk menghadapi kompetisi tersebut. Termasuk melakukan perekrutan pemain.

Salah satu yang menarik dalam laga ini adalah diterapkannya regulasi bahwa setiap klub diperbolehkan merekrut satu pemain berstatus marquee player, yang tentunya harganya sangat mahal. Klub yang sudah merekrut pemain dunia dengan status itu adalah Persib Bandung, yang telah mendatangkan eks penggawa Chelsea FC Michael Essien.

Hindari Kolaps Klub, Liga 1 Indonesia Akan Terapkan Salary Cap

Untuk menghindari klub-klub mengalami kolaps, PSSI pun bakal menerapkan salary cap (batas toleransi gaji pemain) untuk setiap klub di Liga 1. Ini supaya klub bisa memenuhi kewajibannya membayar gaji pemain.

Salary cap liga 1 Indonesia


Batasan salary cap sekitar Rp15 miliar,” kata Joko Driyono, wakil ketua umum PSSI.


Kekhawatiran klub-klub muncul setelah PT Liga Indonesia Baru membuat kebijakan adanya marquee player. Mereka takut jika marquee player diterapkan, gaji pemain lain tak bisa terbayarkan.

Namun begitu, salary cap tersebut tidak termasuk untuk marquee player. Joko menilai pemain bintang didatangkan sebuah klub karena adanya sponsor khusus dan tidak selalu menggunakan uang klub.


“Gajinya marquee player pengecualian dan tidak masuk hitungan salary cap,” sambungnya.


Menurut Joko, penetapan salary cap itu akan diresmikan saat klub melakukan pertemuan kembali dengan operator PT Liga Indonesia Baru dalam temu manajer, 29 Maret nanti.

Liga 1 sendiri direncanakan mulai bergulir, 15 April nanti. Untuk kompetisi tersebut, setiap klub mendapatkan subsidi sebesar Rp7,5 miliar.

Baca Juga  Persipura Kalahkan Mitra Kukar Dengan Skor 6-0 : Hasil Liga 1 Indonesia 3 Juli 2017

LEAVE A REPLY

four × one =