SAKSIKAN HASIL SIDANG ISBAT PENENTUAN AWAL RAMADHAN 1438 H, HARI INI JUM’AT 26 MEI 2017

0
119
SIDANG ISBAT AWAL RAMADHAN 2017

HARIANSPORT.COM – SIDANG ISBAT PENENTUAN 1 RAMADHAN 1438 H. Sidang Penentuan awal Ramadhan atau 1 Ramadhan tahun ini akan kembali digelar oleh Kementrian Agama RI. Menurut jadwal Kemenag  melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1438H/2017 M pada hari ini Jumat, 26 Mei 2017. Untuk tempat sidang isbat awal Ramadan ini di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta.

SIDANG ISBAT PENENTUAN AWAL RAMADHAN 1438 H, JUM’AT 26 MEI 2017

Menurut jadwal yang sudah dibuat, Sidang isbat ini akan di mulai pukul 17.00 WIB. Dimulai dengan acara pemaparan posisi hilal awal Ramadan oleh tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.

Kemudian, sidang akan diskors sementara untuk menunaikan salat Magrib. Setelah itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan membuka sidang dengan agenda laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Thamrin.

Menurut Plt. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Prosesi pelaksaaan Sidang Isbat ini akan dilakukan secara tertutup, sehingga tidak ada tanyangan live streaming jalannya sidang. Masyarakat hanya bisa melihat sidang putusan awal ramadhan yang akan disampaikan pada masyarakat lewat konferensi pers yang akan dilakukan setelahnya.

SIDANG ISBAT RAMADHAN 2017

Silahkan nanti bisa melihat siaran langsung konferensi pers penyampaian hasil sidang Isbat oleh Meteri Agama Lukman Hakim Syaifudin selepas shalat Maghrib melalui layar kaca anda. Anda juga bisa mengakses link SCTV disini.

Baca Juga  Twitter Error, Hastag #Gara2TwitterError Menjadi Tanda Keluhan Netizen

Sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa jatuh pada 27 Mei merujuk pada hasil “hisab hakiki wujudul hilal” Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Karena posisi hilal saat itu berada di sekitar tujuh derajat. Sudah tinggi,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti.

Sedangkan Nahdlatul Ulama akan menunggu hasil rukyat dan sidang isbat untuk menentukan awal puasa 2017.

LEAVE A REPLY

eleven − 6 =